Dunia Pertanian

Tanaman Muda, Tanaman Tua Atau Keras, Mencangkok

Recent in Sports

Minggu, 03 Desember 2017

Syarat Iklim dan pH Tanah Pertumbuhan Bawang Merah



Agar tumbuh subur, bawang merah harus ditanam di tempat yang memenuhi syarat tumbuhnya, meliputi iklim, dan kesuburan tanah. Apabila syarat tumbuh tidak terpenuhi, akan menyebabkan turunnya produksi.

1.Tanah

Tanah yang cocok untuk menanam bawang merah adalah tanah lempung berpasir, geluh (loam) berpasir, remah, tidak mudah tergenang air, gembur, subur, dan banyak mengandung bahan organik. Derajat Dalam pertumbuhannya, tanaman membutuhkan sinar matahari 100%. Semakin lama penyinaran akan semakin baik pertumbuhan tanaman. keasaman tanah yang baik sekitar pH 6—7. Apabila pH kurang dari 6, dapat ditingkatkan dengan cara pengapuran. Sementara itu, bila pH di atas 7 dapat diturunkan dengan pemberian pupuk kandang dan tepung belerang atau kliserit (MgSO4·H2O).

2 . Iklim

Pada umumnya, bawang merah tumbuh baik di dataran rendah. Hal ini karena pembentukan umbi membutuhkan suhu tinggi. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan bawang merah sekitar 23—32° C, sedangkan di bawah suhu 23° C hanya akan menghasilkan sedikit umbi atau tidak sama sekali. Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Hal ini karena jika ditanam pada musim hujan, pertumbuhan tanaman kurang baik dan mudah terkena penyakit. Tanah yang tergenang air juga dapat menyebabkan umbi membusuk sehingga tidak dapat berproduksi. Penanaman bawang merah pada musim hujan dapat disiasati dengan penggunaan plastik mulsa dan benih yang bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar